Rabu, 13 April 2016

Definisi Perpustakaan Digital



Definisi Perpustakaan Digital….

Sementara itu, The Digital Library Federation sebagai perwakilan dari komunitas yang terdiri dari Lesk (1997) memandang perpustakaan digital secara sangat umum sebagai semata-mata kumpulan informasi digital yang tertata (organized collections of digital information). Arms (2000) memperluasnya sedikit dengan menambahkan bahwa koleksi tersebut disediakan sebagai jasa dengan memanfaatkan jaringan informasi (managed collection of information, with associated services, where the information is stored in digital formats and accessible over a network).
para praktisi mendefinisikan:

Digital libraries are organizations that provide the resources, including the specialized staff, to select, structure, offer intellectual access to, interpret, distribute, preserve the integrity of, and ensure the persistence over time of collections of digital works so that they are readily and economically available for use by a defined community or set of communities.

Definisi di atas mencoba merumuskan bentuk organisasi perpustakaan digital, dan jelas terlihat bahwa organisasi tersebut memerlukan pegawai dengan tata kerja dan tujuan kerja, serta komunitas yang diharapkan dapat memanfaatkan jasa mereka. Kedengarannya seperti ‘perpustakaan biasa’ ya? Kecuali bahwa kali ini koleksinya berbentuk digital. Perbedaan antara perpustakaan biasa dengan perpustakaan digital mulai terlihat dari koleksi digital tidak harus berada di sebuah tempat fisik. Fransisco-Revilla et al. (2001) mencatat bahwa konsep perpustakaan digital kini semakin sering dikaitkan dengan organisasi yang mengoleksi rujukan ke sumberdaya yang berbasis web di internet.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar